welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Kita Bukan Superman!

2 Samuel 23:8-39

Raja Daud dikenal sebagai seorang raja yang mampu mengalahkan banyak musuh. Namanya mulai dikenal sejak dia mengalahkan seorang pendekar Filistin dari Gat, yang bernama Goliat. Setelah itu, ia sering mendapatkan kemenangan di dalam pertempuran. Selain mengalahkan orang Filistin, Raja Daud juga dapat menaklukkan banyak bangsa di sekitarnya, yakni Moab, Aram, dan Edom. Tetapi, sehebat-hebatnya Raja Daud menaklukkan banyak musuh, ia tidak bertempur sendirian! Raja Daud memang hebat di dalam bertempur, tetapi untuk mendapatkan kemenangan, ia juga membutuhkan bantuan dari orang lain. Raja Daud dibantu oleh banyak orang atau anak buah untuk mendapatkan kemenangan dalam suatu pertempuran, yakni Isybaal sebagai kepala tiga pahlawan, Eleazar yang mampu mengalahkan banyak orang Filistin, dan Sama yang tetap bertahan untuk mengalahkan orang Filistin, saat banyak tentara lainnya yang melarikan diri. Selain tiga pahlawan itu, masih ada yang lainnya, yakni Abisai yang merupakan kepala dari 30 prajurit, dan Benaya yang dapat menewaskan kedua pahlawan besar dari Moab. Selain itu, Raja Daud juga memiliki orang kepercayaan yang bernama Yoab. Tentu masih banyak tentara lainnya, yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
Raja Daud memang hebat, tetapi ia juga memiliki anak buah atau orang kepercayaan yang tidak kalah hebatnya. Dari hal ini kita dapat belajar bahwa kemenangan yang diraih oleh Raja Daud di dalam suatu pertempuran bukanlah semata-mata hasil kerja kerasnya sendiri. Dia tidak dapat berjuang seorang diri, sehebat apa pun dia saat berada di dalam suatu pertempuran.
Acap kali di dalam kehidupan ini, kita suka mengandalkan diri sendiri. Kita sering lupa bahwa kita adalah manusia yang terbatas. Tuhan menciptakan setiap manusia dengan keunikannya masing-masing, tentunya hal ini memiliki suatu maksud tertentu. Salah satu maksudnya adalah supaya kita dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Sehingga, di dalam kehidupan ini, kita dapat saling menolong. Kita bukan superman yang mampu mengerjakan segala sesuatunya sendirian, tetapi kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain di dalam kehidupan ini.
Jadi, bila kita memiliki suatu masalah kehidupan yang sulit teratasi, alangkah baiknya kita meminta bantuan dari orang lain. Tentunya mencari orang yang berkompeten untuk dapat menyelesaikan masalah kita. Misalkan, bila kita sedang kesulitan mengatur keuangan pribadi, kita dapat meminta bantuan kepada orang yang sudah berhasil dalam bidang tersebut. Untuk itu, jangan pernah merasa diri kita yang paling hebat di dalam dunia ini, sehingga merasa mampu menyelesaikan semua masalah! Kita butuh orang lain, orang lain pun butuh bantuan kita. Ingatlah, kita bukan superman!

DOA
Bapa, buat aku menjadi pribadi yang rendah hati, sehingga aku dapat bersosialisasi dengan orang lain, saat ada masalah ataupun tidak. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here