welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Postpartum Depression

Amsal 1:7; Wahyu 21:3-4

Pernahkah Anda mendengar mengenai Postpartum depression? PPD merupakan sejenis rasa depresi yang memengaruhi mental seseorang pasca melahirkan. Karena itu, PPD juga disebut sebagai postnatal depression. Gejala PPD adalah rasa sedih yang mendalam, tubuh yang kekurangan energi, perubahan pola makan dan tidur, kurangnya keinginan untuk dekat dengan pasangan, menangis terus-menerus, rasa cemas, dan kesal. Penyakit depresi ini harus segera disadari bila seorang wanita yang baru melahirkan mengalami dengan jelas semua gejala di atas selama lebih dari dua minggu. Banyak ilmuwan berusaha mencari tahu penyebab hal ini, namun sangat sulit untuk diketahui secara pasti. Kemungkinan terbesarnya adalah karena pergantian hormon. Dampak lebih jauh yang dapat ditimbulkan oleh PPD adalah susah tidur, rasa takut dan cemas menjadi seorang ibu, krisis identitas, perasaan kekurangan kendali atas hidupnya dan pada akhirnya membenci suami dan anak-anaknya. PPD menyebabkan rasa cinta sang istri kepada suaminya berkurang, dan tidak ada kepedulian terhadap anak-anaknya. Wanita yang mengidap PPD akan mudah sekali marah dan muak dengan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya, terutama suami dan anak-anaknya. Namun bukan hanya wanita yang bisa mengalaminya, laki-laki pun bisa mengalami PPD walau persentasenya jauh lebih rendah. Di Amerika Serikat, PPD adalah salah satu dari penyebab utama pembunuhan anak-anak di bawah usia satu tahun. Namun ternyata penyakit depresi ini dapat dipulihkan secara bertahap lewat grup sosial yang mendukung si penderita untuk kesembuhannya, konseling secara berkala dan juga dengan pengobatan.
Dunia pada awalnya diciptakan begitu indah oleh Tuhan. Damai dan penuh kebahagiaan tanpa kemalangan atau sakit-penyakit. Namun, karena dosa sudah masuk ke dalam hidup manusia dan manusia mengalami kutukan dan berbagai kesusahan, ratusan jenis penyakit aneh dan mengerikan pun ikut masuk dalam hidup manusia dan membawa banyak kepedihan, kesakitan, dan dukacita. Sangat mudah bagi kita untuk mendengar banyak orang saat ini mengalami berbagai jenis penyakit. Ada yang dikategorikan sebagai penyakit ringan namun ada juga yang dapat membahayakan nyawa. PPD hanyalah salah satu di antara ratusan penyakit yang ada di bumi ini. Kabar baiknya adalah kita tidak perlu mencemaskan penyakit di bumi ini, karena ketika kita sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kasih karuniaNya yang berupa keselamatan dan kehidupan kekal akan menjadi bagian kita. Kelak kita akan berkumpul bersama semua orang percaya dalam Kerajaan Sorga, di mana tidak akan ada lagi sakit penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Di sisi lain, ketika manusia semakin takut akan Tuhan, maka Tuhan juga memberikan kemampuan untuk menemukan obat bagi penyakit yang ada.

DOA
Bapa sorgawi, aku bersyukur untuk kasih karuniaMu dan atas berkatMu bagi para ahli untuk menemukan obat demi penyembuhan penyakit yang ada. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here