welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Berpikir Out Of The Box

Mazmur 1:1-3; Amsal 12:27 

Mencari peluang bisnis yang menguntungkan memang tidak mudah, apalagi memunculkan produk dengan hak paten atau branded sendiri. Tentu membutuhkan kecermatan, modal, kreativitas, strategi, dan harus mengidentifikasi pangsa pasar. Namun bila dengan tekad dan keyakinan kuat untuk melangkah, kemungkinan besar akan berhasil. Hal inilah yang dilakukan oleh Reza Nurhilman.
Pria lulusan universitas Kristen Maranatha jurusan Manajemen 2009, kelahiran Bandung 29 September 1987 ini, tidak membuang peluang bisnis yang menghantarnya kepada kesuksesan. Masa kecil Reza tanpa figur seorang ayah membuat kepribadiannya terbentuk menjadi seorang yang mandiri dan pantang menyerah. Setelah lulus dari bangku SMU, Reza yang dikenal dengan sebutan Axl, tidak langsung melanjutkan studinya di universitas, melainkan berusaha mengumpulkan uang dengan berbagai pekerjaan yang dapat ia lakukan. \"Saya itu lulus SMU di tahun 2005, empat tahun saya menganggur, dalam artian tidak kuliah. Saya baru kuliah tahun 2009. Dalam empat tahun menganggur, saya jual beli barang, seperti elektronik, pupuk. Akhirnya saya punya produk yang tepat dan kendaraan yang tepat,\" jelasnya. Sekitar tahun 2008, Reza diajak oleh temannya ke daerah Cimahi untuk mencicipi keripik lada pedas buatan seorang nenek dan menurutnya rasanya sangat enak. Kemudian pada Juni tahun 2009, ia kembali mengunjungi nenek itu dan melihat ternyata sang nenek hanya membuat keripik pada momen tertentu saja. Muncullah ide cemerlang untuk memulai usaha menjual keripik. Dan untungnya sang nenek tidak keberatan memberitahukan resep dari keripik tersebut kepadanya.
Dengan keyakinan bahwa keripiknya akan laku di pasaran, Reza mulai memproduksi keripik Maicih sebanyak 50 bungkus sehari, dengan modal awal Rp. 15 juta. Ia mulai berinovasi membuat perbedaan tingkat kepedasan dari level 1 hingga level 5, dan dipasarkannya dengan cara berkeliling. \"Saya mulai ngider memasarkan keripik dengan memberikan sampel ke teman, saudara, memanfaatkan Twitter dan Facebook,\" ungkapnya Kini ia sudah memproduksi keripik Maicih dengan tingkat kepedasan level 1 sampai level 10 dengan omzet mencapai 800 hingga 900 juta per bulan. Kunci sukses dari bisnisnya ialah terletak pada bagaimana cara ia berpikir \"out of the box\". Strategi marketing dilakoni melalui sosial media dan membangun tim kerja yang solid melalui perekrutan agen-agen yang disebut jenderal-jenderal Maicih. Dan ia adalah direktur PT. Maicih Inti Sinergi.
Ada banyak orang yang sukses karena berpikir \"out of the box\". Mereka keluar dari kebiasaan basic atau keahlian mereka dan mulai berinovasi. Bila kita ingin sukses, carilah peluang bisnis yang tepat, tetapi pelajarilah dengan saksama dan berinovasilah. Dan yang paling penting adalah mintalah penyertaan Tuhan dan prinsip-prinsip yang alkitabiah.

DOA
Bapa sorgawi, aku menyadari bahwa untuk bisa meraih masa depan gemilang harus terus berjalan bersamaMu. Ajarlah aku agar tetap taat. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here