welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Berkarya Dalam Keterbatasan

2 Korintus 12:7-10

Joni Eareckson Tada adalah seorang penulis Kristen penyandang disabilitas. Tada, yang lahir pada tahun 1949 di Baltimore, Maryland, pada masa remajanya sangat suka berenang. Dan tanggal 30 Juli 1967, adalah hari yang mengubah hidup Tada. Saat itu ia menyelam ke Teluk Chesapeake di mana ia salah mengira kedalaman airnya. Akibatnya ia mengalami patah tulang tengkuk dan menjadi lumpuh dari pundak ke bawah. Dan selama dua tahun masa rehabilitasinya, dia menjadi sangat marah, depresi, meragukan Tuhan, bahkan berpikiran untuk bunuh diri. Namun akhirnya Tada mencoba menerima kelemahannya. Ia pun mulai belajar untuk melukis dengan menggunakan sebuah kuas di mulutnya, lalu menjual hasil lukisannya. Dia juga mulai menulis buku. Dan ternyata hasilnya luar biasa. Ia terus menulis, dan hingga saat ini ia telah menulis lebih dari 40 buku. Bahkan, ia juga membuat beberapa album lagu. Salah satu dari bukunya, yang merupakan otobiografinya, Joni: The unforgettable story of a young woman's struggle against quadriplegia & depression, merupakan bestseller dan telah diterjemahkan ke beberapa bahasa serta dibuat menjadi film yang dibintanginya sendiri.
Tada kemudian mulai memperluas jangkauan pelayanannya. Ia banyak berkecimpung dalam pelayanan sosial, khususnya bagi para penyandang disabilitas seperti dirinya. Tada mendirikan Joni and Friends (JAF) pada 1979, sebuah organisasi pelayanan Kristen bagi para penyandang disabilitas. Pada 2005, Tada bahkan ditunjuk sebagai Disability Advisory Committee of the U.S. State Department. Pada November 2009, Tada menandatangani sebuah pernyataan ekumenikal yang dikenal sebagai the Manhattan Declaration, menyerukan kepada berbagai denominasi gereja Kristen untuk mengubah aturan yang mengizinkan aborsi dan hal-hal lain yang bertentangan dengan iman Kristen.
Tada telah menerima banyak sekali penghargaan atas prestasi, pelayanan sosial, dan buku-buku yang ditulisnya. Beberapa di antaranya adalah: The American Academy of Achievement's Golden Plate Award; The Courage Award dari the Courage Rehabilitation Center; The Award of Excellence dari the Patricia Neal Rehabilitation Center; The Victory Award dari the National Rehabilitation Hospital; The Golden Word Award dari the International Bible Society; the Gold Medallion Lifetime Achievement Award dari the Evangelical Christian Publishers Association. Tada juga banyak dianugerahi gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas dan sekolah Alkitab ternama di Amerika Serikat.
Kerap kali kita berpikir bahwa sebuah masalah menjadi akhir segalanya. Tetapi, sesungguhnya di balik itu semua Tuhan telah menyediakan yang terbaik bagi kita. Karena itu, apa pun yang sedang kita hadapi saat ini, jangan pernah menyerah, tetaplah berharap kepada Tuhan, dan lakukanlah apa yang bisa kita lakukan, maka Tuhan akan memberkatinya.

DOA
Bapa sorgawi, dalam menghadapi setiap masalah, beriku kekuatan agar aku dapat keluar sebagai pemenang. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here