welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Pinguin Tahu Berterima Kasih

Mazmur 28:7; Yesaya 25:1

Bentuk ucapan terima kasih setiap orang selalu berbeda-beda! Beberapa para artis Korea mengucapkan terima kasih kepada manajer mereka dengan memberikan hadiah yang mahal hingga milyaran rupiah nilainya. Namun bagi mereka yang tak mampu memberikan barang mahal, akan mengekspresikannya lewat sikap, perhatian, dlsb. Walau demikian, banyak juga orang-orang yang tak tahu berterima kasih atas apa yang didapatkannya.
Kisah yang satu ini sangat menyentuh hati, yaitu apa yang diperoleh Joao Pereira de Souza sebagai ucapan terima kasih karena telah menjadi malaikat penolong. Berawal dari pertemuannya dengan seekor pinguin Magellanic Amerika Selatan yang sekarat karena terjebak di tengah genangan minyak yang tumpah dari sebuah kapal tanker. Joao pun membawanya pulang dan merawatnya selama satu minggu hingga ia pulih kembali. Setelah itu Joao membawanya ke pantai agar ia kembali ke habitatnya. Namun pinguin itu tidak pergi, sebaliknya ia memilih untuk tinggal bersama Joao selama sebelas bulan. Barulah setelah itu ia pergi kembali ke tempatnya. Orang-orang di sekitar Joao berpikir bahwa ia tidak akan kembali lagi. Tetapi, ia datang lagi ke tempat Joao yang berjarak 8.000 km. Ia tiba di tempat Joao pada bulan Juni dan pulang ke keluarganya pada bulan Februari. Demikian seterusnya setiap tahun dari tahun 2011. Hingga renungan ini dibuat telah empat kali pinguin datang mengunjungi Joao. Pinguin itu pun tidak mau disentuh oleh siapa pun kecuali oleh Joao. Inilah bentuk ucapan terima kasih pinguin itu dengan menganggap Joao sebagai keluarganya.
Hewan berbeda dengan manusia. Mereka tidak punya akal budi dan sepertinya mereka tidak tahu apa itu berterima kasih. Mereka pun mungkin tak tahu dengan apa yang namanya balas budi. Pinguin ini pun demikian, tetapi naluri kehewanannya memberitahunya bahwa Joao adalah malaikat penolong yang telah bermurah hati kepadanya. Kebaikan Joao ini mengetuk hatinya sehingga ia kembali mengunjunginya setiap tahun. Pinguin tidak lantas memutuskan hubungan mereka setelah perpisahan itu. Ia tetap berusaha menjaga pertemanan mereka dengan datang mengunjungi Joao.
Tuhan Yesus adalah Penolong bagi setiap orang percaya. Dialah yang menolong kita ketika kita sedang terjebak dalam lumpur dosa yang akan membinasakan kita. Lalu setelah pertolongan yang diberikan Tuhan pada kita, ucapan syukur apakah yang kita berikan kepadaNya? Adakah kita mengucapkan terima kasih atas apa yang telah diberikan Tuhan? Atau justru lantas memutuskan hubungan dengan Tuhan? Ucapan syukur kita kepada Tuhan atas apa yang telah Ia berikan tidak harus selalu berupa persembahan materi. Tetapi, kita dapat mengungkapkan itu lewat sikap hidup yang taat kepada firmanNya dan itu adalah persembahan yang menyenangkan hati Tuhan.

DOA
Bapa, aku mau selalu bersyukur atas semua pertolongan dan berkatMu. Biarlah syukurku padaMu senantiasa ada di hatiku. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here