welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Daur Ulang Air

Lukas 5:31-32; Roma 3:23-25

Mungkin saja kita jarang mendengar istilah daur ulang air. Bukan hanya sampah yang bisa didaur ulang, tetapi ternyata air juga bisa didaur ulang. Mendaur ulang air ialah memproduksi ulang air yang sebelumnya tidak layak digunakan. Air merupakan kebutuhan dasar dari semua organisme yang hidup. Banyak manfaat yang diperoleh dari air untuk semua makhluk hidup. Sebab itu, berbagai negara mengupayakan ketersediaan air bagi warganya, agar tidak terjadi kekeringan dan krisis air. Untuk memenuhi kebutuhan air di suatu wilayah atau negara, seharusnya pemerintah setempat menerapkan sistem manajemen air. 

Salah satu negara yang paling gersang di Timur Tengah, yaitu Israel, telah menerapkan sistem manajemen air sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat, pertanian, dan sebagainya. Di negara tersebut, ilmu pengetahuan dan teknologi mampu mengubah padang gurun tandus menjadi lahan perkebunan sayur dan buah. Sistem drip irrigation atau irigasi tetes, mampu memberikan hasil alam yang maksimal. Uniknya, air yang di-supply salah satunya adalah hasil daur ulang dari air kotor bekas rumah tangga dan industri. Air yang telah didaur ulang ini, digunakan untuk irigasi pertanian, sisa kotoran yang disaring dijadikan pupuk dan biodiesel. Air ini pun aman untuk diminum. Israel juga menggunakan 40% dari air laut untuk kebutuhan air minum. Dengan teknologi desalinasi, air laut yang melewati beberapa tahap penyaringan diberikan mineral dan kalsium hingga menjadi air minum. Penasihat Senior Pengembangan Bisnis Hagihon, Joshua Yeres mengatakan, "Ada empat titik desalinasi yang mengambil air laut dan masuk ke sistem yang besar dan mengubahnya menjadi air minum yang dipompa ke seluruh Yerusalem." Selain itu, Israel juga menggunakan metode penyulingan air hujan untuk kebutuhan rumah tangga. Lebih dari 100 sekolah di Israel menggunakan metode penyulingan ini untuk berbagai keperluan.
Tak dapat dimungkiri, bangsa Israel sampai saat ini adalah bangsa pilihan Tuhan. Bangsa ini tetap diberkati oleh Tuhan melalui berbagai kemampuan dan kecerdasan di atas rata-rata. Kecerdasan mereka dalam hal teknologi mampu memukau dunia, salah satunya adalah daur ulang air tersebut. Melihat keunggulan ini, kita juga seharusnya mendoakan bangsa kita, agar menerapkan metode daur ulang air, sehingga pertanian yang ada di wilayah yang mengalami kekeringan dapat memproduksi hasil bumi dengan maksimal.
Sebagaimana air dapat didaur ulang dari limbah rumah tangga dan industri hingga akhirnya juga dapat diminum, demikian juga dengan kita. Jika dapat diibaratkan, kitalah limbah yang menjijikkan, penuh dosa, dan terbelenggu oleh kuasa dosa. Tidak ada sesuatu apa pun yang dapat kita gunakan sebagai upaya pembenaran agar berkenan di hadapan Tuhan. Namun karena kasihNya, Tuhan mau merangkul dan "mendaur ulang" hidup kita.

DOA
Bapa sorgawi, ubahlah hidupku seturut kehendakMu sehingga aku bisa berguna bagi banyak orang. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here