welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Cara Mengasihi Yang Salah

Amsal 31:10-31

Adalah suatu hal yang lumrah jika orang tua berusaha sekuat tenaga untuk mencari uang demi anak-anaknya. Namun usaha tersebut akan dipandang sia-sia bahkan terkesan konyol jika memakai cara-cara yang tidak benar. Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu di Tiongkok. Akibat besarnya biaya pengobatan untuk anaknya, seorang ibu di Shenzhen, Tiongkok, nekat bunuh diri agar klaim asuransinya bisa dicairkan. Perempuan berusia 63 tahun itu bunuh diri dengan cara melompat dari balkon apartemen putranya yang berada di lantai sembilan. "Saya akan baik-baik saja. Saya akan bantu kamu mendapatkan uang yang kamu butuhkan," ujar perempuan itu sebelum bunuh diri. Pada tahun 2005, putra ibu itu didiagnosa mengidap penyakit Bechterew, sejenis arthritis yang mengakibatkan tubuh anaknya sakit dan kaku mulai dari leher hingga tulang belakang. Sepuluh tahun setelah didiagnosa, barulah sang putra mengungkapkan kondisi kesehatannya kepada kedua orang tuanya. Saat itu, penyakit tersebut sudah mencapai stadium akhir yang membuatnya tak bisa menggerakkan pinggul dan kepalanya. Sejak mengidap penyakit ini, putra ibu itu keluar dari pekerjaannya dan tidak pernah bekerja lagi karena sibuk dengan terapi. Lama kelamaan, proses pengobatan yang panjang mengakibatkan pria ini kehabisan uang dan itu membuat ibunya sangat khawatir.
Sebagai seorang ibu yang mengasihi anaknya, ibu itu pun berjuang untuk mencari biaya anaknya. Dan setelah berjuang sekian lama untuk biaya pengobatan putranya, ibu tersebut pun mulai menyerah. Namun di tengah keputusasaannya itu, perempuan tersebut tiba-tiba ingat bahwa dia ternyata memiliki asuransi jiwa yang pernah dia beli. Rupanya ia berharap uang asuransi jiwa sebesar 300.000 yuan atau sekitar Rp. 612 juta itu bisa dicairkan untuk membiayai pengobatan putranya. Caranya adalah dengan bunuh diri. Sebuah tindakan yang sepertinya terlihat heroik, tetapi sebenarnya sangat konyol. Namun hal yang menyedihkan lagi adalah bahwa uang asuransi ibu itu ternyata tidak bisa dicairkan! Polis asuransi milik perempuan itu sudah kedaluwarsa empat bulan sebelumnya. Bahkan jika polisnya masih berlaku, ternyata tetap tak dapat dicairkan. Sebab, terdapat klausul yang menyebutkan bahwa uang asuransi tak dapat dicairkan jika nasabah meninggal dunia akibat bunuh diri. Sangat tragis, uang tak didapat nyawa pun melayang.
Sebagai orang tua, memang sudah seharusnya kita berkorban bagi anak-anak kita, baik untuk kebutuhan sehari-hari, uang sekolah, biaya pengobatan, dlsb. Namun, janganlah kita melakukannya dengan cara yang tidak berkenan kepada Tuhan. Wanita bijak dalam Ams 31:10-31 mencukupi hidup keluarganya dengan cara yang benar, yakni takut akan Tuhan (ayat 30), rajin bekerja (ayat 13-19), serta berbagi dengan orang yang tidak mampu (ayat 20). Demikianlah hendaknya cara kita di dalam mendapatkan uang.

DOA
Bapa sorgawi, beriku hikmat dan kekuatan untuk mencari nafkah bagi keluargaku dengan cara yang berkenan kepadaMu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here