welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Pentingnya Inovasi

1 Korintus 9:19-24

S aat renungan ini ditulis, keadaan ekonomi di Indonesia sedang merosot. Meski perputaran uang terlihat stabil, namun faktanya banyak dunia usaha yang bangkrut karena daya beli masyarakat menurun. Menanggapi ini, pakar manajemen Rhenald Kasali berpendapat, ini akibat disruptive innovation. ... Para elit sekarang sedang sulit karena peran sebagai middleman' mereka pudar akibat disruptive innovation, lalu meneriakkan 'daya beli turun, ujarnya. Apakah karena daya beli? Bukan, penyebabnya adalah shifting (perpindahan) ke taxi online. Sama halnya retail dan hotel yang beralih dari konvensional ke online, tambahnya.
Apa yang disebutkan oleh pakar manajemen ini mungkin ada benarnya sekalipun tidak sepenuhnya seperti itu. Pesan antar via online, taksi online, pembelian barang via online, dsb., saat ini lebih memudahkan dan praktis bagi konsumen. Namun, tentu ada alasan lain yang lebih krusial. Saat ini pemerintah sedang menutup kran barang ilegal. Akibatnya, masyarakat yang konsumtif menjadi menahan diri, karena belum mampu membeli barang yang sudah dikenakan pajak. Hal ini tentu baik, sebab hanya akan terjadi sementara saja, bila pemerintah dapat mengatasi, maka daya beli masyarakat akan meningkat juga akhirnya. Juga akan menguntungkan pemerintah, sebab menambah penghasilan pajak.
Di sisi lain, kita sebagai masyarakat yang ingin sukses atau bertahan dalam dunia bisnis, maka kita perlu berinovasi agar bisnis yang kita geluti tidak dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang menurun. Inovasi dalam KBBI, artinya 1) pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan; 2) penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Inovasi di sini berarti kita perlu membuat produk baru yang menarik minat pembeli. Seperti bila berdagang makanan maka kita perlu membuat makanan yang memiliki rasa lebih nikmat, menarik dilihat, dan harga terjangkau. Dalam hal fashion, kita perlu menampilkan atau menjual desain menarik, murah, dan juga dipasarkan via online. Dalam pemasaran barang, kita juga perlu menerapkan sistem marketing viral, dengan memanfaatkan internet. Intinya jangan berhenti berinovasi.
Inovasi tidak hanya dibutuhkan dalam dunia bisnis, tetapi juga dalam pelayanan gereja. Selain berdoa, gereja perlu berinovasi dalam pemberitaan Kabar Baik dan pengajaran, agar pelayanan terus meningkat dan banyak jiwa dibawa kepada Tuhan. Gereja harus terbuka dengan hal-hal baru, namun perlu dicermati dan tidak kompromi bila bertentangan dengan Alkitab. Begitu juga dengan kita sebagai orang percaya, berdoalah kepada Tuhan agar kita dapat terus berinovasi dalam pekerjaan dan pelayanan kita. Sebab, bila kita tidak inovatif, maka kita akan kalah dalam bersaing dengan pebisnis lainnya dan dengan pelayanan yang diberikan oleh pelayan agama lain dalam masyarakat.

DOA
Bapa, ajarku untuk selalu bisa berinovasi di dalam bisnis, pekerjaan, dan pelayananku, agar bisa maju dan memberkati banyak orang. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here