welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Torre Pendente

1 Korintus 1:26-29

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Menara Pisa? Menara ini adalah objek wisata di negara Italia dan diterima sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Di Italia, menara ini disebut dengan nama Torre Pendente. Ketinggian menara ini dari tanah adalah 55,86 m dari sisi yang rendah dan 56,70 m dari sisi yang tinggi. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Yang spesial dari menara ini adalah bentuknya yang lain dari yang lain, yaitu miring namun tidak pernah terjatuh. Kemiringan ini ternyata akibat dari kesalahan pembuatan, bukan faktor kesengajaan. Uniknya, masa pembangunannya memakan waktu lebih dari seabad lamanya.
Menara yang memiliki 294 anak tangga ini dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 1173. Setelah itu pembangunan dihentikan karena pada tahun kelima, menara sudah mulai miring ke arah selatan. Pekerjaan pembangunan menara dihentikan hingga kira-kira selama 100 tahun. Sebelum tahun 1272, tahap kedua dilaksanakan. Tinggi menara ditambah menjadi 4 tingkat dengan arah yang berlawanan dengan harapan menara dapat tegak kembali seperti rancangan yang sebenarnya. Namun pembangunan itu dihentikan lagi karena tanah yang ada di sekitar area bangunan menara tidak stabil. Pembangunan dilanjutkan pada tahap ketiga, yaitu tahun 1360. Pada pembangunan terakhir ini dibangunlah ruang lonceng pada puncak menara, dan Menara Pisa mendapatkan bentuknya seperti apa yang sekarang kita lihat. Suatu menara yang menjadi objek wisata utama di Italia. Itulah Torre Pendente!
Setiap manusia tidak pernah lepas dari yang namanya kesalahan. Pembuat Menara Pisa tidak pernah menyangka bahwa menara yang awalnya dirancang untuk berdiri tegak lurus akan menjadi miring. Mungkin pada waktu itu ia mengalami rasa kesal atau kecewa, karena banyak biaya yang sudah dipersiapkan tetapi hasil pekerjaannya malah mengalami kegagalan. Namun siapa yang menyangka, setelah pembangunan kembali dilanjutkan sekitar 100 tahun kemudian, menara ini mendapatkan perhatian lebih. Namanya menjadi sangat terkenal dan mendunia karena kemiringannya yang unik, namun tidak membuatnya roboh.
Kesalahan apa yang pernah Anda perbuat di dalam hidup Anda? Jangan pernah putus asa dan terus-menerus menyesalinya! Keadaan tidak akan menjadi lebih baik dengan tangisan dan penyesalan kita. Yang harus kita lakukan adalah memperbaiki kesalahan kita lewat perbuatan yang lebih baik lagi. Jika Menara Pisa tidak dilanjutkan pembangunannya, menara itu hanya akan menjadi tumpukan bangunan yang gagal dan terbengkalai. Namun ketika ada usaha untuk tetap berjuang dan membenahinya, hasil yang diperoleh sungguh luar biasa. Sebuah ikon Italia yang tidak akan pernah dilupakan. Mari kita tetap berjuang untuk memperbaiki setiap kesalahan yang pernah kita perbuat, dan jangan terus menyesalinya!

DOA
Tuhan, sering kali aku gagal. Terkadang aku juga melakukan kesalahan terhadap orang lain. Bantu aku Tuhan untuk bisa berubah menjadi lebih baik. Dalam nama Yesus. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here