welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Ada Tuhan Di Balik Persoalan

Filipi 4:13; 1 Korintus 10:13

Tidak ada seorang pun yang luput dari persoalan hidup. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti akan mengalami yang namanya persoalan hidup. Persoalan hidup itu bermacam-macam, termasuk sakit penyakit, pekerjaan, rumah tangga, pendidikan, fisik, dlsb. Pada kenyataannya, sebagian orang yang mengalami persoalan hidup lebih memilih untuk menghindarinya. Sebenarnya, tidak ada satu pun persoalan yang tidak dapat diatasi, namun banyak orang merasa tidak sanggup menghadapinya.
Alkitab jelas menyatakan bahwa pencobaan yang diizinkan Tuhan terjadi bagi setiap orang itu tidak melebihi kemampuannya. Semua orang dapat menghadapinya karena sesuai dengan kapasitasnya. Tetapi, sering kali ada yang membandingkan persoalan yang dihadapinya dengan persoalan orang lain. Ia beranggapan bahwa persoalan yang dihadapinya lebih berat dari persoalan orang lain. Tidak jarang mereka beranggapan bahwa Tuhan itu tidak adil. Hal ini dikarenakan seseorang hanya "peduli" dengan persoalan yang dihadapi, sehingga ia putus asa. Padahal, yang menyebabkan seseorang memandang persoalan yang dihadapi bak raksasa dan dirinya seperti kurcaci yang tidak mampu menghadapinya adalah sudut pandang. Ia tidak akan mampu menerima keberadaan dirinya dan bersemangat dalam menghadapi persoalan hidup, jika sudut pandangnya terfokus kepada persoalannya. Jadi, besar kecilnya persoalan tergantung sudut pandang seseorang terhadap persoalannya.
Daud tidak akan pernah menang dari Goliat jika ia hanya terfokus pada postur tubuh dan keahlian lawan dalam berperang. Namun, fokus Daud bukanlah kepada persoalan di depannya, melainkan kepada kekuatan yang dahsyat di balik persoalan yang dihadapinya, yakni Tuhan yang Ia sembah. Akhirnya, kemenangan diraih oleh Daud. Tuhan memakai keahlian Daud dalam menggunakan senjata sederhana, yakni pengumban. Iman dan fokus pengharapannya kepada Tuhan membuat Daud mengalami kemenangan atas Goliat. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan!
Persoalan sering mengaburkan pandangan rohani kita sehingga tanpa kita sadari, terkadang kita yang membuat persoalan itu seolah terlihat lebih besar dibandingkan kuasa Tuhan. Sebab itu, banyak orang Kristen terpuruk imannya, bahkan meninggalkan kepercayaannya hanya karena ingin keluar dari penderitaan. Berhenti terfokus pada persoalan, tetapi lihatlah Tuhan Yesus yang sanggup mengatasi persoalan kita. Ingatlah bahwa ada Tuhan di balik persoalan kita. Ia lebih besar dari persoalan kita! Ketika kita berseru dan percaya kepadaNya, maka Ia yang akan menyatakan pertolonganNya yang tepat. Segala persoalan dapat kita hadapi bersama Kristus yang akan memampukan dan memberikan kekuatan bagi kita. Bersandar dan berharaplah akan pertolonganNya!

DOA
Bapa di dalam Sorga, mampukanlah aku untuk selalu berharap kepadaMu dalam segala persoalan hidup yang kualami. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here