welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Pengorbanan Untuk Sahabat

Yohanes 15:13

Jumat, 20 Juli 2012, menjadi salah satu malam paling mengerikan di dalam sejarah Amerika Serikat. Saat seorang pemuda berumur 24 tahun bernama James Holmes memuntahkan peluru dari senjatanya ke arah penonton bioskop, saat penayangan perdana film Batman: The Dark Knight Rises di Teater Film Century Aurora 16, Denver, Colorado. Sewaktu tokoh Batman muncul di layar, tiba-tiba saja muncul seorang pria berbaju besi dengan masker gas air mata yang menutup mukanya. Dengan satu senapan laras panjang, pria itu menghadap ke arah penonton dan memberondong mereka dari jarak dekat. Dua belas orang tewas seketika, sementara 59 lainnya mengalami luka serius.
Tragedi penembakan di Aurora tersebut meninggalkan kisah heroik mengenai tiga orang pria yang tewas, demi melindungi kekasihnya. Jon Blunk, seorang mantan angkatan laut, pergi menonton film bersama pacarnya, Jansen Young. Ketika penembakan berlangsung, Jon langsung melindungi tubuh Jansen dari peluru. "Dia langsung tahu begitu mendengar tembakan dan langsung mendorong saya untuk menunduk," ujar Jansen dalam sebuah sesi wawancara dengan televisi lokal. Ketika penembakan berhenti, Jansen bermaksud untuk mengajak Jon pergi, ternyata Jon sudah tak bernyawa.  Matt McQuinn, melindungi pacarnya Samantha Yowler. Matt tewas setelah ditembak tiga kali. Demikian halnya dengan Alex Teves, yang melindungi pacarnya, Amanda Lindgren. Teves yang sebulan sebelumnya baru saja memperoleh gelar master untuk jurusan psikologi konseling dari Universitas Denver merelakan nyawanya demi keselamatan jiwa orang yang dicintainya.
Persahabatan Yonatan dan Daud layak dijadikan inspirasi memahami makna persahabatan yang sesungguhnya. Ketika ayahnya, Saul, berniat membunuh Daud, Yonatan membantu Daud untuk melarikan diri. Persahabatan Daud dan Yonatan merupakan persahabatan yang luar biasa. Dalam 1 Sam 18:1 dikatakan bahwa Yonatan mengasihi Daud seperti jiwanya sendiri. Karena keputusannya membela Daud, Yonatan disebut sebagai anak yang kurang ajar oleh ayahnya. Bukan cuma itu, Saul bahkan melemparkan tombak kepada Yonatan untuk membunuhnya. Namun, Yonatan ikhlas menerima perlakuan kasar itu, bahkan ia kukuh pada pendiriannya untuk membela sahabatnya, Daud.
Kualitas seorang sahabat teruji ketika sahabatnya tengah mengalami masalah. Sahabat sejati adalah mereka yang rela menempatkan kepentingan sahabatnya lebih utama dibanding dirinya sendiri. Yoh 15:13 berbunyi, "Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya." Seorang sahabat tak pernah menimbang untung-rugi dalam melakukan kebaikan. Persabahatan mengandung makna resiprokal, artinya saling melakukan hal yang sama. Jika sahabat rela berkorban bagi kita, maka sudah sepantasnya kita berbuat yang sama kepadanya.

DOA
Bapa, terima kasih buat para sahabat luar biasa yang Engkau kirim dalam kehidupanku. Mampukan aku untuk berbuat yang terbaik bagi mereka. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here