welcome visitor
Join us

categories
artikel -

Ramalan Di Facebook

Forum Tanya-Jawab: NN, Jakarta

 

Tanya: Saya sering kali melihat posting-an dari teman-teman saya di Facebook mengenai ramalan, jodoh, dan sebagainya. Pertanyaannya apakah ramalan, jodoh, karakter, masa depan, yang di-posting di Facebook bisa dipercaya atau tidak?
Jawab: Ada banyak orang yang sering mem-posting di Facebook, mengenai ramalan, jodoh, zodiak, bentuk fisik di masa tua, lima sahabat terbaik, dsbnya. Dan ini langsung menjadi viral, karena selain menarik untuk di-share juga menimbulkan minat bagi orang lain untuk mengikuti atau membuat posting-an serupa akan dirinya. Entah apa motif seseorang mem-posting yang demikian, tetapi faktanya hal ini sudah menjadi trend atau kekinian di Facebook. Bahayanya adalah apabila seseorang menjadi percaya akan hal-hal tersebut atau meyakininya dengan sepenuh hati.
Sebenarnya, tidak ada bedanya dengan zodiak, ramalan masa depan, jodoh, atau lainnya yang ada di dunia nyata, seperti di majalah, tabloid, dan melalui peramal. Tetapi yang membuat berbeda dan mengundang minat adalah hadirnya di dunia maya atau dengan menggunakan situs-situs di internet. Situs-situs tersebut terintegrasi dengan Facebook, dengan demikian memudahkan pengguna Facebook menggunakan situs tersebut. Hanya dengan mengikuti panduan, mengisi jawaban dari pertanyaan yang diminta, atau mengikuti langkah-langkahnya yang dituntun oleh situs tersebut, peminat dengan mudah membuatnya dan men-share. Di sisi lain, banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, di seluruh dunia, atau jumlah teman Facebook yang melihat status tersebut, sehingga membuat si peminat senang untuk memamerkannya dan mem-posting-nya. Tujuan situs tersebut selain untuk meningkatkan traffic pengunjung situs atau menambah viewer, mungkin juga untuk menarik peminat agar menjadi percaya dengan ramalan tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan, bisa juga menjadi sarana yang digunakan oleh Iblis sehingga orang Kristen lebih memercayai ramalan-ramalan situs tersebut daripada apa yang dikatakan oleh Alkitab. Atau memengaruhi banyak anak muda sehingga mereka fokusnya beralih dari seharusnya membaca atau merenungkan firman Tuhan menjadi menghabiskan waktu hanya untuk hal-hal tersebut. Juga menjadi kehabisan waktu untuk berdoa.
Sikap kita sebagai orang percaya, sebaiknya tidak terpengaruh atau ikut-ikutan mem-posting bahkan men-share dengan alasan apa pun. Sebab ramalan-ramalan tersebut tidak akurat dan kemungkinan hanya menebak-nebak saja. Berbeda dengan apa yang dikatakan oleh Alkitab, bahwa masa depan orang yang hidup takut akan Tuhan indah dan mulia. "Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang." (Ams 23:18)
Sebagaimana juga tertulis dalam Yer 29:11, bahwa rancangan Tuhan itu bukan rancangan kecelakaan atau kebinasaan, melainkan rancangan damai sejahtera dan hari depan yang penuh harapan. Bahkan disebut, "... Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Kor 2:9). Tuhan Yesus juga menyediakan tempat bagi kita di Rumah Bapa (Yoh 14:2-3), dan mengaruniakan mahkota bagi mereka yang menang atau yang setia. Karena itu, ingatkan teman-teman atau sahabat-sahabat kita jika mereka masih memercayai ramalan, zodiak, atau apa pun bentuknya baik di dunia nyata maupun dunia maya, dan marilah semakin berpegang teguh pada firman Tuhan.


back
more article...
login member
Username
Password
* sign up here